Friday, August 18, 2017

Tren Baru Menggunakan Bedak Sebelum Foundation. Apa Benar Hasilnya Lebih Bagus ?

Halo semua! Beberapa waktu lalu explore youtube aku penuh dengan video percobaan mengenai penggunaan bedak sebelum foundation. Kalo biasanya kita menggunakan foundation terlebih dahulu lalu di set dengan menggunakan bedak,sekarang kita balik menjadi bedak dulu baru foundation. Jadi pada dasarnya teknik ini kebalikan dari cara makeup yang tradisional. Oh ya,sebelum menggunakan bedak seperti biasa primer dan moisturizer tetap di pakai.

Teknik ini sebenarnya bukan hal baru di dunia per makeupan. Tiga tahun yang lalu seorang makeup artist asal Britania Raya yaitu Wayne Goss membahas tentang penggunaan bedak sebelum foundation pada channel youtubenya. Aku sendiri juga tidak asing dengan teknik ini. Karena pada saat sma,aku secara tidak sengaja mengaplikasikan bedak terlebih dahulu lalu membubuhkan concealer setelahnya. Dan menurutku hasilnya jauh lebih bagus daripada penggunaan concelaer ke kulit langsung.

Karena sedang rame di bahas lagi,akhirnya aku melakukan percobaan ulang dengan menggunakan tiga jenis foundation yaitu sheer coverage,high coverage with matte result dan,dewy finish foundation. Foundation yang aku gunakan adalah Catrice All Matt, Estee Lauder Double Wear Maximum Cover, dan Shu Uemura The Lightbulb . Bedak yang aku gunakan disini adalah loose powder dari Coty Airspun. Sekarang aku akan bahas satu per satu dari percobaan ini.



1. Bedak Tabur + Sheer Coverage Foundation

Pada percobaan pertama bisa dibilang berhasil. Karena foundation dari Catrice yang memiliki tekstur licin menjadi lebih stay di muka. Dengan penggunaan bedak terlebih dahulu menambah coverage dari foundation Catrice. Foundation menyatu dengan bedak sangat baik,bahkan setelahnya tidak perlu di set dengan bedak lagi karena hasilnya sudah powdery. Setelah pemakaian kurang lebih 3 jam,foundation masih menempel di muka dan tidak terlalu berminyak. Hasilnya masih sama seperti awal pemakaian, tetap powdery seperti habis di touch up. Jujur,ini gak crack sama sekali di muka aku. Terutama di daerah smile lines. Menurutku ini karena tekstur foundation yang ringan dan coveragenya sheer. Jadi ketika menggunakan teknik ini hasilnya lebih bagus dan tidak terlalu cakey.

2. Bedak Tabur + High Coverage Matte Foundation

Karena senang dengan percobaan pertama,aku berharap banyak dengan percobaan yang kedua. Awalnya berfikir kalo teknik ini akan sangat baik apabila menggunakan foundation yang memiliki coverage tinggi. Tapi ternyata dugaan aku salah. Percobaan kedua gagal total. Hasilnya tidak sesuai ekspentasi. Bedak tabur yang teksturnya sudah kering bertolak belakang dengan foundation Estee Lauder Double Wear Maximum Cover yang teksturnya memang agak sedikit thick. Foundation jadi lebih susah untuk di blend,dan hasilnya menjadi sangat cakey. Teknik ini mempertegas tekstur kulit aku dan garis halus. Karena hasilnya yang sangat cakey,aku berharap setting spray dapat menolong situasi. Tapi keputusan ku hanya memperburuk keadaan :(. Setting spray tidak meresap ke foundation dan menimbulkan bercak-bercak pada wajah. Untuk hasil akhirnya memang matte tapi setelah 3 jam kedepan,muka menjadi berminyak terutama pada T zone. Foundation mulai menggumpal dan hilang. Jadi bisa disimpulkan untuk teknik ini tidak disarankan untuk penggunaan foundation dengan coverage yang tinggi.

3. Bedak Tabur + Dewy Finish Result 

Perobaan terakhir! Sebenernya mencoba teknik ini dengan foundation yang memiliki hasil dewy ini agak sedikit bodoh. Karena hasilnya menjadi matte dan tekstur Shu Uemura The Lightbulb yang cair ini membuat bedak menggumpal di wajah. Bedak dan foundation tidak menyatu dengan baik. Hasilnya memang tidak separah di percobaan kedua. Tapi menurutku foundation dengan hasil glowing dan tekstur cair bukan pasangan yang pas untuk teknik ini.

Setelah tiga percobaan di atas,sebenernya aku suka-suka aja sama teknik ini. Karena punya kelebihan sendiri untuk kebutuhan yang berbeda. Mungkin untuk sehari-sehari aku lebih prefer menggunakan concealer untuk di area tertentu supaya concealer lebih stay di muka,terutama di bagian mata. Dan untuk kebutuhan photoshoot aku akan menggunakan foundation dengan coverage tinggi agar terlihat flawless di kamera. Tapi tetap,aku tidak akan menggunakan foundation dengan hasil dewy untuk teknik ini.

Kira-kira bagaimana dengan kalian ? apa tertarik untuk mencoba juga ?

4 comments :

  1. Aku pernah nyoba teknik ini beberapa kali Lyla. Dan beneran lho ya ampun kulitku alus dan pori-pori tersamarkan. Haha. Sampe pada dipuji. Kamu pake apa sih kok makeup bisa sealus itu. Gitu

    ReplyDelete
  2. Yeay, thank you so much for trying this current hype method with variety of products! Udah lama penasaran sama trick ini dan turns out ternyata kurang bagus yaa kalo untuk medium-high coverage >.<

    Ghina Aulia
    {www.colored-canvas.com}

    ReplyDelete
  3. kayanya tergantung tekstur foundie yang dipake dan jenis kulit muka masing-masing ya :D hehe aku masih stick to finishing spray aja

    www.jennitanuwijaya.com

    ReplyDelete
  4. Ternyata yang ketiga baru lumayan berhasil ya, pengen nyobain juga nih nanti :)

    ReplyDelete

Back to Top